Oleh: horas pasaribu | 29 Desember 2009

CAT 789 Terbakar

Klip diatas menggambarkan kronologi singkat terjadinya accident – Cat 789 terbakar di salah satu tambang batubara di Kalimantan Timur. Kecelakaan ini mengakibatkan fatality atau meninggalnya operator heavy dump truck tersebut.

Dari hasil investigasi didapat bahwa :

Faktor utama penyebab kebakaran truck Cat 789:

Steering hose “burst” (pecah dari dalam) dan menyemburkan kabut oli yang terpapar pada sumber panas dari turbo dan exhaust serta mendapat supply udara dari kipas radiator sehinga menyebabkan kebakaran dan api cepat menyebar.

Faktor utama penyebab cidera fatal:

Penyebab kematian adalah gagal nafas karena inhalasi trauma akibat kebakaran dan intra-abdominal bleeding (pendarahan intra abdomen) akibat benturan perut dengan bumper atau handle tangga saat korban terjatuh.


Responses

  1. Waduh…gimana kl semua hasil investigasi kecelakaan ada vidionya..mantab tuh kayanya…

    Aku ada seluruh kecelakaan yg terjadi di tambang…tinggal di buat vidionya he..he..

  2. yang di fikirin bukan vidionya Boss.. tapi bagaimana mengatasi hal sama jangan sampai terulang lagi, kan kcian kelurga yang dirumah, kacian operatornya, kacian deh loo……!

  3. Pak Warid : sarang yang bagus, tapi akan membutuhkan waktu yang lumayan lama

    Pak Taufik : terimakasih Pak Taufik, tapi kan sudah diinvestigasi, kemudian dibuat tindakan perbaikan supaya tidak terulang kembali

  4. kalau boleh tau setelah diinvestigasi, perbaikan apa ya pak yang dilakukan supaya tidak terjadi kebaran pada truck cat 789 lagi?

    • Sangat boleh mbak Tiara,……

      Dari hasil investigasi, kita membuat beberapa tindakan perbaikan, supaya kecelakaan yang sama/mirip tidak terulang kembali, yaitu :

      1. Mensosialisasikan prosedur pengoperasian fire suppresion system termasuk fire escape dan pemakaian PPE-nya kepada seluruh operator
      (Fire suppression system adalah sistem yang sudah terinstall di dump truck tersebut yang berfungsi sebagai pemadam api otomatis. Ada 2 cara untuk mengaktifkan sistem ini. Bagaimana cara kerja sistem ini, akan kita bahas di topik selanjutnya)

      2. Melakukan identifikasi dan penggantian semua high-pressure steering hose yang sudah berumur lebih dari 24.000 jam atau sesuai dengan rekomendasi OEM pada semua dump truck CAT789 dan memasang proteksi spiral (armour) pada hose yang high-pressure dan hose yang berpotensi gesekan di ruang engine
      (umur hose yang pecah ini sudah sekitar 45.000 an jam operasi)

      3. Membuat materi komunikasi awareness (kesadaran) terkait dengan insiden fatal ini

      4. Menyampaikan materi komunikasi awareness (kesadaran) terkait dengan insiden fatal ini kepada semua karyawan

      Kira-kira seperti itu mbak Tiara

      Terimakasih dan Salam

  5. terima kasih banyak Pak sudah mau berbagi, sukses selalu untuk Bapak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: