Oleh: horas pasaribu | 28 Desember 2009

Fabio Capello, Gaji Tertinggi Pelatih FIFA Piala Dunia 2010

Fabio Capello merupakan pelatih di Piala Dunia yang berpenghasilan paling tinggi, demikian harian olahraga Spanyol yang berbasis di Madrid, Marca, mengatakan kemarin (11/12). Total gaji pelatih ini setahun sekitar 6 juta Pounds atau setara dengan Rp 94,25 miliar dengan kurs 1 pounds = Rp 15.708. Dengan gaji sebesar itu maka bisa dibilang Gaji Capello delapan kali lipat gaji tactician Brazil, Carlos Dunga yang hanya mengantongi 755 ribu pounds atau sekitar Rp 12,17 miliar.

Menanggapi jumlah gaji yang spektakuler untuk pelatih bola, seperti dilansir Marca, Capello berkilah ”Memang saya menyadari saya mendapatkan sesuatu yang berbeda jika dibandingkan dengan pelatih lain di dunia. Tapi, tekanan melatih Inggris tidak kalah besar. Itulah konsekuensi yang sudah saya pilih sejak awal tahun lalu,” kata Capello dalam curhatnya kepada Marca.

Capello memang sering mengisi kolom di Marca. Karena itu, dari curhat mantan allenatore AC Milan, Juventus, AS Roma, dan Real Madrid tersebut tentang gaji, Marca membuat perbandingan gajinya dengan pelatih timnas negara lain. Khususnya negara kontestan Piala Dunia 2010.

Paling dekat tentu saja dengan entrenador (pelatih) Spanyol Vicente del Bosque. Namun begitu, terbilang selisihnya cukup jauh karena Del Bosque hanya dibayar 1,3 juta pounds (sekitar Rp 20,4 miliar) per tahun.

Dibanding dengan pelatih dari negara yang satu grup dengan Inggris di Piala Dunia 2010, Capello makin superior. Pelatih AS Bob Bradley hanya berpenghasilan 246.599 pounds per tahun, sedangkan Matiaz Kek (Slovenia) dan Rabah Saadane (Aljazair) sama-sama di kisaran 221.902. Jika digabung, penghasilan tiga orang tersebut masih sepersembilan dari penghasilan Capello.

Mengenai partai puncak pertandingan sepak bola dunia, FIFA World Cup 2010 nanti, Capello memimpikan Inggris akan bertemu Italia di partai final.

“Saat menyanyikan lagu kebangsaan, saya pasti hanya menyanyikan dua lagu. Lagu kebangsaan Italia dan Inggris. Karena itu, akan sangat indah apabila di final nanti kami bertemu Italia yang sekaligus juara bertahan,” tambah allenatore 63 tahun itu.

Italia yang sudah memenangi empat kali Piala Dunia tersebut tercatat hanya sekali bertemu dengan Inggris yang jawara edisi 1966 itu. Yakni, pada perebutan tempat ketiga di Piala Dunia 1990. Kala itu Italia yang bermain di kandang sendiri menang 2-1.

Inggris boleh kalah dari rekor pertemuan, tapi tetap tidak dengan penghasilan pelatihnya. Allenatore Italia Marcello Lippi yang notabene senior Capello itu ternyata hanya memperoleh 1.848.465 pounds per tahun. Pertanyaannya, apakah dengan pelatih timnas termahal dunia Three Lions mampu meraih trofi Piala Dunia? Kita tunggu hasilnya tahun depan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: