Oleh: horas pasaribu | 23 November 2009

Aek Tanjung

Foto di atas adalah foto salah satu sungai di Garoga, yang dikenal dengan nama Aek Tanjung. Sungai ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci pakaian, cuci kendaraan, mandi (berenang di sungai), dll. Dan diatas sungai ini terdapat mata air yang sangat jernih dan dimanfaatkan sebagai sumber air minum oleh penduduk Garoga, dan konon kabarnya sumber air ini sudah pernah diteliti oleh “aqua” untuk dibuat menjadi air mineral kemasan, akan tetapi rencana tersebut batal karena terbentur masalah-masalah lokal.

Sumber air ini sekarang dikelola oleh salah seorang warga, Pak P Pasaribu. Setiap hari banyak warga yang memanfaatkan tempat ini, baik hanya sekedar mandi, cuci kendaraan, ataupun hanya sekedar menghabiskan waktu sore mengobrol sambil menikmati indomie rebus telor yang sangat nikmat alias maknyuss karena didukung cuacadan pemandangan yang sangat nyaman, sejuk, dan menentramkan hati. Jadi, tidak lengkap rasanya pulang kampung tanpa mengunjungi aek tanjung.

Foto yang ketiga adalah foto SMP N1 Garoga, dimana penulis sekolah dulu. Kondisi fisik sekolah ini saat ini lebih buruk dibanding saat penulis masih bersekolah disini. Sekarang sudah tidak ada lagi pohon-pohon rindang yang lengkap dengan tempat duduk dibawahnya. Cukup memprihatinkan.

Akan tetapi sudah cukup banyak lulusan SMP ini yang boleh dibilang cukup maju baik di Jakarta, Medan, dan kota-kota lainnya, bahkan ada yang ke Luar Negeri. Walaupun fisik sekolah ini cukup memprihatinkan, akan tetapi secara akademis, lulusannya bisa bersaing dengan  lulusan sekolah di perkotaan, bahkan beberapa diantaranya menjadi “pentolan” di beberapa universitas terbaik di Indonesia, seperti ITB, UI, UNPAD, UGM, ITS dan USU.

Inilah beberapa gambaran tentang Garoga, dan buat para pembaca terutama yang dari Garoga, mari berbuat sesuatu untuk memajukan Garoga.

sedikit info dari

horas pasaibu


Responses

  1. songon nahurang goar ni kampus naditulis lae na diginjang iba,,,Unpad pe masuk do baenon ni lae bah,,nga tolu halak sonnari putra garoga dison kulia,,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: